||

Translate

Wednesday, March 2, 2011

Naskah Sirat al-Mustaqim


Naskah Sirat al-Mustaqim

Naskah Sirat al-Mustaqim adalah salah satu kitab fiqih terlengkap pada abad ke-17 yang dikarang oleh Nuruddin al-Raniri, kitab ini kemudian menjadi rujukan pada pemerintah kerajaan Aceh dalam pelaksanaan fiqhiyyah dan ubudiyyah, karna kitab ini dirangkai dari awal mula sebelum melaksanakan tata cara Shalat sampai sesudahnya.

Kitab ini memang sangat identik dengan beberapa kitab Fiqh ulama-ulama di Jazirah Arab, hanya saja ia ditulis aksara Arab-Jawi, jika ditinjau dari teks naskah ini berisi pembahasan tentang tata cara bersuci (ţahārah), dilanjutkan dengan shalat, zakat, puasa, haji, dan lain-lain.

Pada masing-masing babnya terdapat sejumlah fasal yang berkaitan dengan topik pembahasan. Di bawah bab bersuci misalnya terdapat sebuah fasal pada menyatakan memakai segala bejana dari pada emas dan perak. Kemudian, di bawah bab tentang macam-macam najis (Kitab Najasah), terdapat fasal menyatakan istinjak (membersihkan badan dari najis), dan lain sebagainya.

Naskah ini masih banyak beredar di Aceh, walau secara fisik (kondisi) kurang terawat dan banyak yang sudah usang serta belobang, apalagi di masyarakat.

2 comments:

  1. salam, kat mane nak cari menuscripts kitab nie??

    ReplyDelete
  2. kami punya naskahnya, dan juga ada di beberapa tempat lainnya di Aceh

    ReplyDelete